Solusi Generasi Ku

 


Generasi Qurani adalah generasi yang menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, meyakini kebenaran Al-Qur’an, membaca, menghafal dan memamahinya dengan baik dan benar, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disisi lain terdapat pula kelompok remaja dan anak-anak yang lebih senang menghabiskan waktu dan tenaganya untuk bermain dan mengabaikan belajar mempelajari Al-Qur’an. Sebagai indikatornya, antara lain terbatasnya kemampuan remaja dan anak-anak dalam  membaca Al-Qur’an. Realitanya, banyak anak-anak remaja yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Faktor yang menjadikan kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak remaja sekarang menjadi lemah salah satunya dipengaruhi oleh efek dari perkembangan teknologi yang tak terkontrol sehingga menyebabkan anak-anak jauh dari Al-Qur’an, karena terlalu terlena dengan sosial media.

Membaca Al-Qur’an bukan saja menjadi amal ibadah, tetapi juga mempunyai fungsi untuk memperbaiki hati serta obat penawar bagi orang yang gelisah jiwanya. Sehingga dengan men-tadabburi isinya dapat memperbaiki kualitas iman dan senantiasa menjadi kontrol bagi diri kita.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya : ‘’Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian’’ (Qs. Al-Isra’: 82)

Melihat berbagai fenomena tersebut, sekarang banyak lembaga sekolah yang mengajarkan dan mementingkan pendidikan Al-Qur’an untuk diterapkan di sekolah agar siswa mampu  membaca,menghapal,mentadaburi dan mengamalkan Al-Qur’an dengan baik dan benar agar dapat menjadi generasi Qurani, seperti halnya pembiasaan yang diterapkan di SMP MuDa Qur`anic School Bandar Lampung. Pembiasaan membaca Al-Qur’an di Sekolah dinilai efektif sebagai langkah pertama dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an sebelum akhirnya mereka memahami maknanya, melalui pemberian hafalan surah-surah kepada peserta didik serta pemberian materi-materi yang berisi tentang kandungan ayat suci Al-Qur’an. Yuk gabung ke SMP MuDa Qur`anic School sebagai upaya menjadikan generasi kita menjadi generasi qur`ni.

 

Link PPDM SMP MuDa Qur`anic School : http://smpmudabalam.sch.id

Narahubung :

08217922 2112 (Admin)

0853 5752 9199 (Pak Ramlan)

 


0/Post a Comment/Comments